Friday 8 April 2016

IBADAH ADALAH KEBUTUHAN MANUSIA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, pada kesempatan kali ini Rumah Segala akan membahas tentang Ibadah Adalah Kebutuhan Manusia.

Jelas  bahwa kewajiban Manusia yang masih hidup adalah beribadah kepada Allah SWT. Ibadah sesungguhnya adalah kewajiban Manusia dan kebutuhan Manusia yang paling inti, Allah SWT menyuruh manusia untuk beribadah dengan maksud agar manusia itu senantiasa hidup di jalan kebenaran, bukan di jalan sesat.


Dalam Surat Alqur'an menjelaskan : 
“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.” (QS Al Bayyinah : 5) 

Kebanyakan dari kita sering kali salah dalam tujuan Beribadah, ada yang rajin Beribadah dengan tujuan Allah SWT akan memberikan kita kekayaan, cepat dapat jodoh, mendapat pekerjaan, lulus ujian, dan lain-lain. Ibadah dengan tujuan dan harapan tertentu hanya akan menghapus keikhlasan kita dalam menyembah Allah SWT karena kita menyembahnya dengan harapan bayaran atau imbalan yang berarti jika semua keinginan kita tidak di kabulkan oleh Allah SWT tentu lama kelamaan kita akan malas Beribadah, padahal Ibadah adalah kebutuhan kita sebagai hamba Allah. 

Allah SWT memerintahkan pada semua hambanya untuk mendekatkan diri kepadanya karena dalam setiap langkah, setiap detak jantung, dan setiap kedipan mata setiap hamba selalu membutuhkan Allah SWT, bukan sebaliknya. Allah SWT selalu memanggil manusia setiap saat, setiap waktu untuk beribadah tetapi biasanya manusia tidak pernah mau mendengar panggilan tersebut. 

Allah SWT telah memberikan limpahan nikmat kepada setiap hambanya, coba jika kita hitung berapa banyak nikmat-nikmat Allah yang mengalir di dalam diri kita mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki, mulai dari matahari terbit hingga tebenam lagi, besarnya dunia ini tidak mampu menandingi besarnya nikmat Allah yang diberikan kepada setiap hambanya. Dari nikmat-nikmat tersebut pantaskah kita masih mengharapkan imbalan untuk ibadah kita kepada Allah SWT...?  

Sekian pembahasan Rumah Segala tentang Ibadah Adalah Kebutuhan Manusia semoga bermanfaat, jika ada salah dalam cara penulisan,  bahasa dan lain-lain Kami mohon maaf. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

0 komentar:

Post a Comment