Tuesday 21 January 2020

MENCEGAH KULIT MELEPUH AKIBAT TERSIRAM MINYAK PANAS DENGAN TEPUNG TERIGU


Dunia minyak panas memang sangat akrab dengan kehidupan manusia. Apalagi bagi yang kesehariannya suka memasak didapur terutama bagi ibu - ibu yang setiap hari pasti menyajikan makanan yang digoreng untuk keluarga tercinta.


Terkena cipratan minyak panas tentu sudah dialami oleh hampir seluruh orang. Dari kasus ringan yang hanya terciprat minyak panas hingga yang kasus berat yaitu tersiram minyak panas yang dampaknya adalah kulit melepuh, gosong bahkan sampai terkelupas. Jika kulit sampai terkelupas rasa sakitnya pasti sangat luar biasa perih dan panas dibagian yang terkelupas tadi apabila terkena air, keringat, tersentuh bahkan terkena angin saja cukup untuk membuatnya perih bukan main.

Melepuh dan gosongnya kulit yang terkena minyak panas terjadi karena proses terbakarnya lapisan kulit luar dan ini terjadi bertahap, artinya kulit yang tersiram minyak panas tidak langsung melepuh dan gosong pada saat itu juga biasanya saat baru terkena minyak panas kulit belum berubah menjadi gosong atau melepuh beberapa menit kemudian baru kulit berubah warna dan mengandung air.

Sebenarnya kulit melepuh atau gosong yang pada akhirnya terkelupas dapat dicegah tetapi dengan penanganan yang cepat, jangan sampai kulit yang terkena minyak panas tadi terlanjur terbakar. Penanganan ini hanya butuh waktu dalam hitungan menit saja sebelum kulit mengalami proses terbakar. 

Mengolesi kulit yang terkena minyak panas dengan odol adalah tindakan yang salah karena odol tidak menghentikan proses terbakarnya kulit tetapi malah mempercepat pembakaran alhasil kulit tetap akan menjadi gosong dan melepuh, atau dengan menyiramkan air dingin itu juga hanya meringankan sementara waktu. Tindakan yang tepat bagi kulit yang tersiram minyak panas adalah langsung menaburi atau membaluri kulit yang tersiram minyak tersebut dengan tepung terigu. Terbukti tepung terigu dapat mencegah kulit dari proses terbakar akibat tersiram minyak panas sehingga tidak menimbulkan luka gosong dan melepuh. 

Cara penggunaanya yaitu jika kulit tersiram minyak panas langsung saja baluri bagian kulit yang terkena minyak panas dengan tepung terigu kering lebih bagus lagi jika sebelumnya tepung terigu disimpan dalam almari es, lalu diamkan 15 hingga 30 menit atau sampai rasa panas hilang. Untuk kasus besar jika tersiram minyak panas sangat banyak biasanya proses pendiaman bisa sampai 2 jam yang jelas sampai rasa panasnya hilang, setelah rasa panasnya hilang lalu bilas dengan air. Bekas siraman minyak panas tadi akan menjadi merah tetapi tidak melepuh langkah selanjutnya belikan salep luka bakar di apotik seperti bioplasenton atau yang lain untuk mempercepat pemulihan.

Tidak hanya kasus tersiram minyak panas saja cara diatas dapat juga dilakukan apabila kulit terkena air panas, kenalpot dan lainnya, caranya sama yaitu langsung membaluri bagian kulit yang terkena panas dengan tepung terigu.

Demikian pembahasan Rumah Segala tentang Mencegah Kulit Melepuh Akibat Tersiram Minyak Panas Dengan Tepung Terigu semoga dapat bermanfaat bagi semua.

1 comment:

  1. biasanya sih pake pasta gigi, jadi berasa dingin

    jangan lupa kunjungi juga ya
    https://looperday.blogspot.com

    ReplyDelete