Monday 30 May 2016

CARA GOOGLE SEARCH ENGINE BEKERJA

Halo sobat blogger kali ini Rumah Segala akan membahas tentang Cara Google Search Engine Bekerja.

Di era global ini semua pasti tau apa yang disebut dengan google search.... yap, google search adalah sebuah mesin pencarian tentang semua yang ingin kita ketahui baik itu tentang ilmu pengetahuan, agama, dunia dan lain-lain semua pasti terjawab dengan google search ini, caranya pun juga sangat mudah tinggal kita ketik saja apa yang ingin kita ketahui dan klik search pasti terjawab semua. Kini google juga telah meluncurkan teknologi terbarunya yaitu google penelusuran suara dimana kita tinggal menucapkan apa yang ingin kita ketahui tanpa harus repot mengetik semua yang kita ucapkan akan di jawab oleh google.



Mungkin kebanyakan dari kita bertanya kok google bisa ya menjawab semua pertanyaan kita, belajar dari mana dia kok pintar betul..... inilah jawabanya.

Search engine atau mesin pencari dalam kinerjanya sebenarnya bekerja sama dengan beberapa browser seperti Mouzila, Opera, Google Chrome, UC Browser dan masih banyak lagi. Ketika kita mengetik sesuatu kemudian kita enter di sana search engine mulai bekerja melakukan pencarian di database dan hasil pencarian search engine di kembalikan ke browser dan browser menampilkan dengan bahasa yang mudah kita mengerti.

Mesin pencari seperti google search sebenarnya menyimpan semua halaman sumber ke database dari hasil crawling yang disebut chace maupun informasi dari halaman web itu sendiri. Ketika seseorang menggunakan mesin pencari dan memasukan kata kunci seketika itu mesin pencari akan mengindeks dan memberikan halaman web yang paling sesuai dan relevan dengan kriteria yang user cari. Daftar ini biasanya disertai dengan ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan juga sebagian teks dari pencarian yang kita cari.

Berikut adalah cara google bekerja :


  • Google mengawali proses kerjanya dengan menjelajahi semua halaman yang ada di internet (saat ini ada lebih dari 60 Triliun halaman)
  • Mesin Pencari ini mengirimkan robotnya untuk mengunjungi semua halaman dengan cara mengikuti link dari suatu halaman ke halaman lainnya. (pemilik situs bisa mencegah halaman-halamannya dimasuki oleh robot mesin pencari dengan memasang robots.txt yang melarang semua robot atau robot tertentu untuk masuk)
  • Google mengurutkan semua halaman itu berdasarkan kontennya dan faktor-faktor lainnya, dan sesudah itu menyimpan rekamannya dalam index (pusat kumpulan data Google)
  • Saat anda mengetikkan sesuatu di kotak pencarian, maka apa yang anda ketikkan itu akan terkirim dan diproses di sistem
  • Mesin pencari akan bekerja mencari petunjuk-petunjuk untuk memahami apa yang anda inginkan, dan di sini ada 6 proses:
    • Ejaan, untuk menilai apakah ejaan kita sudah benar, dan jika salah maka Google akan memberi saran
    • Autocomplete, di mana Google memperkirakan apa yang kira-kira dicari dengan berbagai variasi makna lainnya
    • Sinonim, Google berusaha melihat dokumen-dokumen lain yang mengandung kata-kata yang sinonim dengan pencarian kita
    • Metode Pencarian, Google juga menyediakan data lain dalam format tertentu seperti video, atau gambar yang berkaitan dengan kata kunci tersebut
    • Google Instant, yang berusaha menampilkan hasil secepat mungkin kepada kita.
  • Dari semua petunjuk yang dikumpulkan di atas Google akan menarik data dari tempat penyimpanannya tadi yang kita sebut index.
  • Proses menampilkan data ini (ranking) harus melalui algoritma Google:
    • Kualitas Situs dan Halaman : Algoritma Google akan bekerja untuk mengenali seberapa terpercaya, bereputasi, dan berotoritasnya suatu sumber dengan menggunakan beberapa parameter. Salah satu di antara parameter itu adalah pagerank
    • Kesegaran : Google juga memandang penting untuk mempertimbangkan informasi-informasi terbaru untuk ditampilkan dalam hasil pencariannya
    • Pencarian Aman : Google sebisa mungkin mengurangi hasil pencarian yang berkonten dewasa dari hasil pencarian kita (kecuali kita memang mencari konten dewasa). Jadi kalau kita bukan situs konten dewasa, tapi memasang iklan yang menuju situs yang mengandung konten dewasa, maka kemungkinan kita untuk ranking akan berkurang
    • Konteks Pengguna : Google juga akan melihat posisi geografis kita dan cookie pada komputer untuk menentukan ranking halaman yang ditampilkannya....
    • Bahasa : Google juga akan menggolongkan hasil pencarian berdasarkan bahasa dan negara
    • Konten Umum : Ini seperti gambar, video, berita, peta, dan lain-lain yang juga akan diikutsertakan dalam halaman hasil pencarian.
  • Semua proses di atas berlangsung dalam 1/8 detik sebelum dikirimkan ke layar kita.
Sebagai manusia yang hidup di era globalisasi dimana semua kecanggihan teknologi tersedia, kita harus pandai - pandai memilih sesuatu yang benar dan bermanfaat sebab jika kita terjerumus kedalam keburukan maka kita akan celaka, seperti kasus - kasus yang saat ini lagi ngetrend yaitu penculikan dan pembunuhan yang berawal dari media sosial.

Demikian pembahasan Rumah Segala tenteng Cara Google Search Engine Bekerja, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment