Monday 30 May 2016

CARA MEMBUAT LAGU YANG HITS

Pada kesempatan kali ini Rumah Segala akan membahas tentang Cara Membuat Lagu Yang Hits.

Sebuah lagu adalah barometer ketenaran dari seorang musisi atau penyanyi dan groub musik, bila lagu dari mereka bagus pasti dapat dengan mudah memperoleh ketenaran. Bagus dalam sebuah lagu tidak bisa diukur oleh alat apapun yang dapat mengukur lagu adalah selera. Masyarakat memiliki selera yang berbeda-beda dalam memilih lagu yang mereka dengar ada yang suka dangdut, pop, jaz, R & B dan lain-lain.


Ingin memiliki lagu sendiri adalah impian semua orang yang hoby bermusik atau bernyanyi, dapat menciptakan lagu yang menceritakan pengalaman pribadi tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri apalagi lagu yang diciptakan dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat tentu akan menjadi nilai lebih bagi sang penciptanya.

Membuat lagu yang bagus dan hits memang sangat sulit karena tidak ada alat ukurnya, namun bagi para pencipta lagu yang handal tentunya sangat mudah menghasilkan lagu-lagu yang bagus. Tetapi bagaimana dengan para penghoby musik dan bernyanyi agar mereka dapat menciptakan lagu yang bagus ???. Inilah alternatifnya.
  1. Tentukan Tema lagu : Tema lagu ini menjadi hal utama dalam menciptakan lagu karena akan menjadi penentu dalam perangkaian kata dan judul lagu serta cerita yang di usung.
  2. Membuat Konsep Lagu : Sebelum menentukan yang lain, hal yang perlu di dahulukan adalah menentukan konsep lagu karena dasar dari pembuatan lagu adalah konsep, di konsep ini akan menentukan jenis lagu.
  3. Merangkai Lirik Lagu : Dalam merangkai lirik sebaiknya kondisi fikiran harus tenang, tidak ada beban dan jangan dipaksakan. Lirik inilah yang akan menjadi penentuan nilai dari sebuah lagu. Lirik ini munculnya dari inspirasi, agar mendapat inspirasi yang maksimal tentu fikiran harus benar-benar tenang agar lirik yang didapat bisa menjadikan nada lagu yang indah dan diterima pendengarnya.
  4. Mengarang Syair Lagu : Mengarang syair sama halnya dengan mengarang cerita sebuah puisi, novel, atau pantun namun di dalam membuat syair lagu sudah dibatasi dengan lirik atau nada yang sudah di rangkai sebelumnya. Lirik dan syair harus saling mengisi tidak boleh melebihi satu sama yang lain, supaya lagu mudah di fahami dalam membuat syair sebaiknya menggunakan kata-kata yang lugas, bahasa yang mudah di fahami dan sederhana.
  5. Menentukan Judul Lagu : Buatlah judul yang unik dan menarik sehingga para calon pendengar penasaran akan seperti apa isi lagunya, namun dalam menentukan judul tidak boleh keluar dari tema lagu.
  6. Membuat Musik Aransemen : Hal paling terakhir dalam membuat lagu adalah membuat musik aransemen atau musik pengiring, di sini kita harus melibatkan orang lain yang ahli dalam memainkan alat musik, kita tidak mungkin bekerja sendiri dalam memainkan beberapa alat musik yang di butuhkan dalam lagu kita. Pilihlah orang-orang yang benar-benar handal memainkan alat musik agar mereka bisa menerapkan apa yang kita inginkan dalam mengiringi lagu kita.
Lagu sebenarnya sama dengan seni - seni yang lain yaitu sama - sama tercipta dari jiwa seorang seniman. Jiwa seni adalah anugrah dari Tuhan, jika seseorang tidak memiliki jiwa seni akan mustahil dapat menciptakan seni yang indah.
Demikian pembahasan Rumah Segala Tentang Cara Membuat Lagu Yang Hits, semoga bermanfaat dan membantu para saudara yang hoby bermusik atau bernyanyi ketika ingin membuat sebuah lagu.

Baca Juga CARA GOOGLE SEARCH ENGINE BEKERJA

1 comment: